Cara Mengobati Flu pada Kucing Peliharaan

 Mengetahui Gejala dan Cara Mengobati Kucing Flu Tanpa Harus ke Dokter Hewan

Tidak hanya terjadi pada manusia saja suatu penyakit flu bisa menyebar, tetapi kucing juga bisa mengalami flu karena berbagai macam faktor. Tentunya perasaan cemas, khawatir, dan kasihan terhadap kucing yang terkena flu akan dengan sendirinya muncul, hal itu sebagai naluri alami sang pecinta kucing. Bagi sebagian orang mungkin akan kebingungan saat mengalami masa seperti itu, karena jika dibawa ke dokter hewan tentunya akan memakan biasa yang tidak sedikit. Tetapi jangan khawatir, karena portalkucing.com memberikan ualasan yang akan membantu kamu dalam menangani kucing sakit karena flu dengan cara yang mudah dan tidak perlu diperiksa atau di obati oleh dokter hewan.
Kucing sehat imut dan lucu
Kucing yang sehat membuat mood kita bagus
Dilansir dari homeoanimal.com, kucing flu biasanya disebabkan oleh kedua virus uatama yaitu Feline Herpes dan Calici Virus. Kedua virus tersebut biasa dikenal dengan FVR Feline atau Viral Rhinotracheitis. Dengan bereaksinya virus tersebut di dalam tubuh kucing yang mengakibatkan saluran pernafasan dan tenggorokan kucing meradang, sehingga mengganggu pencernaan dan nafsu makan si kucing. Kedua virus ini dapat menyebar dengan cepat terhadap kucing lainnya baik melalui kontak fisik langsung, atau pun melalui makanan dan minuman yang di konsumsi bersama. Kucing yang terkena influenza menyebarkan virus atua penyakitnya bisa melalui makanan yang disajikan bersamaan dengan kucing lainnya, atau dapat ditularkan melalui udara langsung. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak menggabungkan lingkup kucing yang sakt dengan kucing yang sehat.

Berikut beberapa tips untuk membantu meredakan gelaja flue pada kucing ;

 

1. Manfaatkan alat Pelemban Ruangan (humidifier)

 
anak kucing lucu tertidur
Kucing tertidur pulas di kasur yang nyaman dan lembab

Kucing merupakan salah satu hewan yang cukup sensitif terhadap suhu dimana dia tinggal, hal ini akan berdampak pada kerontokan bulu kucing hingga flue yang terjadi bahkan bisa menyebabkan kematian si kucing jika terus tidak terkontrol. Salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi gejala pada kucing yang sakit, alangkah baiknya kita sebagai owner harus mengatur suhu ruangan si kucing agar tetap lembab. Ruangan yang lembab akan membuat cukup nyaman bagi si kucing dan dapat mengurangi dampak stress pada kucing.

2. Memberikan Makanan dan Minuman Bernutrisi

 

Selanjutnya cara untuk mempertahankan imune atau daya tahan tubuh si kucing dari penyakit yaitu dengan memberikan asupan makanan dan minuman yang bernutrisi dan kaya akan vitamin. Selain untuk kesehatan, memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi akan membantu proses pertumbuhan dan mood si kucing menjadi lebih baik dan riang gembira. Siapa sih yang tidak senang dengan lincah dan comelnya si kucing kepada ownernya. Admin berikan sempilan tips untuk memberikan makanan yang baik pada kucing ;
- Jangan langsung menuangkan makanan ke dalam wadah, tetapi alangkah baiknya dipanaskan terlebih dahulu ke dalam microwave untuk meningkatkan aroma khas makanan pada si kucing.
- Merangsang si kucing untuk menambah nafsu makannya dengan menggunakan makanan basah.
- Memberikan makanan recovery khusus kucing untuk membantu memulihkan stamina si kucing.
- Mencampurkan sedikit air ke dalam makanan basah yang bertujuan untuk meningkatkan kadar cairan pada si kucing.

Dengan perhatian dan kasih sayang dari owner kepada si kuxing juga akan meningkatkan imunitas dan mood si kucing dalam aktivitas sehari-harinya. Kucing akan merasa diperhatikan dan dengan sendirinya akan mengetahui arti kasih sayang sehingga si kucing cenderung manja dan penurut kepada si owner. Demikianlah uraian "Cara Mengobati Flue Pada Kucing Peliharaan". Semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari referensi dan kebetulan belum cukup uang untuk mengobati si kucing ke dokter hewan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengobati Flu pada Kucing Peliharaan"

Posting Komentar