Mengenal Lebih Dekat Kucing Himalaya Asli, Pahami Juga Karakter dan Cara Merawatnya yang Cukup Mudah

Portalkucing.com - Kucing Himalaya atau memiliki nama kucing "Himmies" tidak jarang banyak orang yang ingin memiliki dan memeliharanya. Kucing himalaya merupakan salah satu bagian dari ras Persia. 

Kucing Himalaya merupakan hasil persilangan dari kedua indukan ras Perisia dan ras siam, dengan persilangan tersebutlah menghasilkan gen atau anakan dengan ras Himalaya.

Kucing Persilangan Himalaya dan Peknose
Kitten persilangan Himalaya dan Peaknose

Mengenali jenis kucing Himalaya tidaklah sulit bagi pecinta kucing yang awam sekalipun, karena ciri yang cukup menonjol dari kucing Himalaya adalah bentuk perawakannya yang besar gempal dan juga sedikit bulat menggemaskan serta dilengkapi dengan corak warna coklat muda mentereng. Selain itu kucing Himalaya juga terkenal dengan sifatnya yang manja dan cenderung aktif lincah suka bermain-main. 

Selanjutnya, bagi Anda yang hendak memelihara / adopsi kucing Himalaya, silahkan disimak ulasan berikut ini tentang sejarah dan cara merawat kucing Himalaya asli yang dilansir dari berbagai sumber.

Sejarah Kucing Himalaya Asli

Sejarah dari kucing Himalaya merupakan sebagian kecil dari banyaknya ras kucing yang ada di berbagai penjuru dunia dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. 

Kucing Himalaya memiliki sejarah atau kisah perkemabangannya yang cukup singkat dibandingkan dengan ras lainnya. Usia keberadaan kucing Himalaya diperkirakan baru mencapai 100 tahun saja. 

Awal mula munculnya kucing Himalaya ini tidak lepas dari salah satu peternak kucing tepatnya pada tahun 1920 hingga 1930. Pada saat itu para peternak kucing menginginkan adanya genetika baru dari hasil persilangan kucing Persia dan Siam yang dilakukan dengan berbagai cara. 

Sekelas Harvard juga ikut andil dalam penelitian untuk mengetahui dan menciptakan genetika baru dari perkawinan Persia dan Siam. Dari hasil berbagai percobaan dilakukan dan telah didapatkan gen baru dari ras tersebut yaitu kucing Himalaya Asli pertama dan para peneliti tersebut membri nama Debutante.

Dengan perkembangan berbagai persilangan yang dilakukan oleh peneliti dan juga pecinta kucing, maka Himalaya Asli ini tercata oleh American Cat Fanciers Association serta Cat Fanciers Association (CFA). 

Karakter Kucing Himalaya Asli

Sebelum Anda memutuskan untuk mengadopsi kucing Himalaya Asli, alangkah baiknya memahami karakter kucing tersebut terlebih dahulu. Karena karakter dari kucing Himalaya ini agak berbeda dibandingkan dengan kucing ras lainnya. 

Kucing Himalaya cenderung sering berinteraksi dengan sang pemilik menggunakan suara khasnya dan menonjolkannya dengan sifat manja, serta terbiasa menggunakan sorot matanya yang ekspresif. Perawakan kucing Himalaya yang gemuk dan menggemaskan memancing siapa saja yang melihatnya akan merasa ingin menggendong dan memeluknya. 

Kucing Himalaya karena cenderung mempunyai sifat manja, maka sering-seringlah untuk membelai dan mengelus-elus bagian punggung atau kepalanya. Hal tersebut akan membuat si kucing merasa disayangi dan menambah kenyamanan tersendiri baik bagi si kucing ataupun bagi pemiliknya.

Meski demikian, kucing Himalaya tidak terlalu menyukai aktivitas yang banyak menguras energinya seperti melompat dan berlari-lari. Kucing Himalaya lebih menyukai bersantai atau tertidur bermanja-manja di kasur yang empuk atau tempat yang sejuk dan nyaman.

Harga Kucing Himalaya Asli 

Tidak seperti kalangan kucing ras Perisa lainnya seperti Persia Medium ataupun Persia Flatnose, Persia Himalaya Asli mempunyai harga yang cukup tinggi yaitu bisa mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini disebabkan karena cukup langka dan sangat menggemaskan sekali kucing tersebut. 

Selain itu, kucing Himalaya yang dihasilkan dari persilangan Himalaya dengan kucing lokal/domestik ataupun dengan kucing lainnya akan memiliki harga cukup terjangkau.

Jika ingin membeli kucing Himalaya campuran, Anda dapat membelinya di pasaran dengan kisaran harga Rp.1.500.000,- s.d Rp. 5.000.000,- bahkan ada juga yang menjual dengan harga Rp.1.000.000,-. Akan tetapi sudah pasti kualitas dan karakternya akan cenderung berbeda dengan Himalaya Asli.

Cara Merawat Kucing Himalaya Asli

Berbeda dengan kucing ras pada umumnya, Himalaya Asli cenderung cukup mudah dalam proses merawatnya. Berikut ini Portalkucing.com sajikan cara mudah dan sederhana untuk merawat kucing Himalaya Asli yang Anda miliki di rumah.

Persilangan Ragdoll dan Himalaya
Momo di kucing imut persilangan Himalaya dan Ragdoll

  • Melakukan aktivitas rutin sisir rambut Himalaya Asli : hal tersebut dilakukan untuk upaya menghindari penyakit, gumpalan bulu, dan virus/kutu pada kucing.
  • Rajin Memandikan Himalaya Asli : jadwalkan setiap 1 bulan sekali kucing Himalaya Asli untuk dimandikan dengan peralatan mandi yang higienis dan bersih, supaya tetap merasa nyaman dengan diri si kucing.
  • Menjaga kebersihan : hal tersebut mencakup tempat makan/minum kucing, kandang, lantai, dan tempat pasir gumpal si kucing.
  • Rajin membersihkan mata : kita tidak tahu bakteri dan kotoran tersebut akan berbahaya atau tidak dalam jangka panjang jika tidak dibersihkan secara rutin. 
  • Ajak kucing bermain : karena sifat manja dari kuciung Himalaya Asli, maka Anda selaku owner harus menyediakan waktu untuk bermanin dan berinteraksi dengan si kucing agar merasa diperhatikan dan dengan penuh kasih sayang.

Nah, demikianlah ulasan tentang "Mengenal Lebih Dekat Kucing Himalaya Asli". Semoga artikel ini dapat bermanfaat khususnya bagi Anda yang hendak mengadopsi kucing Himalaya Asli. Enjoyyyy.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Kucing Himalaya Asli, Pahami Juga Karakter dan Cara Merawatnya yang Cukup Mudah"

Posting Komentar