Sejarah Kemunculan Kucing Maine coon di Dunia

Portalkucing.com - Mainecoon, Hallo sobat cat lovers di belahan penjuru alam semesta. Kucing pada dewasa ini sudah bukan sebatas hewan peliharaan tetapi juga menjadi bagian dari hobi manusia. Kucing bisa dijadikan sebagai teman bermain, teman tidur, hingga teman hidup manusia. Kucing diberbagai belahan dunia sudah sangat beragam habitatnya, baik yang dipelihara atau kucing liar yang dibiarkan hidup mandiri di alam bebas. Namun, sobat apakah mengetahui tentang kelompok kucing yang terbilang cukup besar ukuran badannya. Kucing tersebut adalah kucing Maine coon. Mengetahui secara jelas tentang kucing maine coon ini, Admin akan mengajak sobat untuk sama-sama mengamati penjelasan dari artikel yang Admin sajikan berikut ini yuk.
 
Kucing Maine Coon
Maine Coon kucing terbesar di Dunia
 
Maine coon adalah kucing asli berasal dari Amerika, tepatnya di daerah yang bernama Maine. Berdasarkan sumber yang dikutip, bahwa Maine coon ini berasal dari nenek moyang kucing ras Persia dan Kucing Hutan Norwegia.

Konon Kucing Maine coon ini telah menjadi kucing peliharaan sang ratu Prancis bernama "Maria Antonia".  Pada dahulu kala di tahun 1861 Mainecoon mengikuti kontes. Pada tahun 1960 Maine Coon dikembangbiakan oleh 6 peternak kucing yang kemudian dibentuklah salah satu organisasi yang dapat melegalkan dan menjamin kualitas dari Maine coon, yaitu bernama Maine coon breeders and Franciers Association

Maine coon adalah golongan kucing yang berbadan tinggi dan besar. Bobot kucing Maine coon bisa mencapai 6-9 kg untuk jantan, dan mencapai 4-6 kg untuk Maine coon betina. Tinggi kucing Maine coon bisa mencapai 1 meter, dan proporsi tubuhnya cukup berotot dan bertulang besar. Leher Maine coon cukup tebal dan lebar, kupingnya membentuk lancip dan terdapat bulu khusus di bagian ujung atas kuping Maine coon. Rahang dan giginya juga cukup kuat dan besar. Ekor Maine coon terbentuk panjang dengan kokoh dan kuat. 

Maine coon pada umumnya ditemukan dengan warna yang unik seperti kucing ras kebanyakan, warna tersebut bisa berwarna tabi/makarel, berwarna ke biru-biruan, warna orange putih, putih solid, merah dan hitam. 

Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon berbadan besar

Maine coon nemiliki karakter yang cukup aktif, suka loncat-loncat dan manja serta biasanya cukup penurut terhadap pemiliknya. Maine coon dapat bertahan dalam situasi dan kondisi cuaca extrem, seperti musim dingin dan musim panas. Bulu panjang dan lebat dari Maine coon dapat memberi kehangatan tersendiri pada tububnya. Maine coon sangat cocok bagi sobat yang suka membawa hewan peliharaan (kucing) ke dataran tinggi seperti gunung atau puncak bukit. 

Maine coon memiliki keunikan tersendiri dalam hal mengeluarkan suara atau bunyi ngeongnya. Maine coon tidak mengeluarkan suara dengan kata "meow" seperti kebanyakan yang kita dengar dari kucing , tetapi Maine coon mengeluarkan suara untuk memanggil dengan campuran Meow dan Dengkuran sehingga terdengar gemes dan lucu.


Oh iya sobat, jika kamu menyukai berbagai aktivitas yang dipenuhi nuansa air maka Maine coon ini cukup cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan karen Maine coon adalah kucong yang menyukai dan senang bermain dengan air. Bulu tebal dan lebat pada Maine coon dapat melindungi dirinya dari air yang masuk ke tubuhnya (tiidak cepat kedinginan). 

Pada suatu kontes kucing di dunia, Maine coon pernah menjadi pemenang kontes pertama pada American Cat Show yang diselenggarakan di New York City pada tahun 1895. Pemenangnya adalah Maine coon berbulu coklat bernama Cosey, milik Mrs. E.N. Barker. 

kucing Maine coon
Ras Kucing Maine Coon

Kucing Maine coon termasuk kucing ras, oleh karena itu kita tidak bisa sembarangan memperlakukannya seharu-hari. Perlu peraawatan dan kasing sayang yang harus diberikan terhadap mereka. Sobat bisa melihat pada ulasan dan saran yang Admin sajikan berikut ini ;

  • Memberikan asupan gizi dan nutrisi seimbang : hal pertama yang harus sobat perhatikan adalah dengan memberikan asupan baik makanan /minuman yang kaya akan gizi karena dapat memperngaruhi pada perkembangan tubuh dan bulu Maine coon.
  • Menyisir bulu Maine coon dengan teratur dan hati-hati : selanjutnya sobat harus menyisir bulu-bulu Maine coon karena dia memiliki bulu yang tebal dan panjang supaya terhindar dari gumpalan bulu yang dapat menjadi sarang penyakit dan kerontokan.
  • Memandikan Maine coon secara teratur : berikutnya adalah memandikan Maine cokn dengan jadwal yang sudah sobat tentukan sendiri, baik 1 minggu sekali ataupun 2 minggu sekali tetapi pada umumnya 1 minggu sekali. Hal ini dapat membantu membersihkan dan merawat tubuh si Maine coon dari serangan virus dan penyakit lainnnya.

Bagaimana sobat, sudah cukup jelas kan uraian terkait kucing Maine Coon ? Semoga sobat tidak kebingungan lagi ya untuk mengetahui secara garis besar tentang kucing Maine Coon. Semoga bermanfaat ya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Kemunculan Kucing Maine coon di Dunia"

Posting Komentar